Rabu, 06 Oktober 2010

Psikologi kelompok psikologi sosial

Psikologi kelompok psikologi sosial


Sosial adalah hubungan individu yang satu dengan yang lainnya dimana individu yang satu dapat mempengaruhi yang lainnya (Walgito, 1987).
Kelompok: serangkaian individu yang mempunyai persamaan-persamaan dan saling berdekatan dan yang terlibat dalam satu tugas bersama, sehingga anggota kelompok saling bergantung demi mencapai tujuan bersama (Sarwono,1991).
Interaksi kelompok dapat diartikan sebagai hubungan individu dengan kelompok atau sebaliknya yang dapat mempengaruhi satu dengan lainnya dalam mencapai tujuan bersama di dalam kelompok.
Dalam berinteraksi perlu penyesuaian diri dari individu yang berinteraksi (Gerungan,1991). Penyesuaian diri dapat dilakukan dalam 2 cara: mengubah diri sesuai dengan keadaan lingkungannya/pasif (auto plastis) dan mengubah lingkungan sesuai dengan keadaan diri/aktif (aloplastis). Pada psikologi ini yang dibicarakan adalah manusia sebagai anggota masyarakat. Jadi meninjau interaksi dalam kelompok, bagaimana hubungan individu yang satu dengan yang lain dalam kelompok itu.
Pada sosisiologi masalah yang dibicarakan adalah tentang kelompok-kelompok manusia sebagai satu kesatuan. Misalnya tentang macam-macam kelompok, perubahan-perubahannya, macam-macam pimpinan dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar